Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keunggulan dan Kekurangan Sistem Operasi Linux

Kembali disini bersama TutorialNdeso admin sendiri akan berbagi pengetahuan tentang keunggulan dan kekurangan Linux OS sehingga dapat membantu kamu untuk lebih memahami Linux. Saat ini, Linux menjadi semakin populer dikalangan pengguna komputer di Indonesia, mungkin karena karena stabilitas, penggunaan spesifikasi yang rendah, dan keamanannya. Inilah beberapa keunggulan dan kelemahannya:


Keunggulan Linux

1. Stabilitas dan Efisiensi

Karena Linux dikembangkan dari Unix, Linux dan Unix memiliki banyak kesamaan. Tidak hanya tampilan pengguna dan metode operasi, tetapi Linux juga mewarisi stabilitas dan efisiensi yang unggul dari Unix. Untuk server yang menggunakan Linux sebagai sistem operasi, sangat mudah dijalankan selama satu tahun tanpa downtime.

2. Spek Minimum Perangkat yang Rendah

Linux menggunakan spek komputer yang sangat rendah. Dapat diinstal di komputer yang jadul sekalipun. Berbeda dengan Windows, harus menaikan spesifikasi setiap tahun.

3. Gratis atau sedikit biaya

Linux didasarkan pada GPL (Lisensi Publik Umum), jadi siapa pun dapat menggunakan atau mengubah kode asli secara gratis. Hanya sedikit biaya yang diperlukan saat memilih distro Linux yang dibuat oleh beberapa vendor. Tentu saja, ini masih jauh lebih murah daripada Windows.

4. Dukungan yang kuat

Sejumlah besar penggemar Linux akan bertukar diskusi, dan mengembangkan serta berbagi beberapa perangkat lunak yang bagus, dengan penggunaan yang sangat terbuka.

5. Keamanan

Linux memiliki dukungan pengguna dan komunitas yang cukup banyak, sehingga Linux dapat dengan cepat menemukan kerentanan sistem dan merilis patch keamanan dengan cepat.

Linux masih memiliki banyak keunggulan lain, seperti dukungan jaringan yang kuat, pengoperasian  yang mudah, dan sebagainya. Meskipun Linux bekerja dengan baik secara keseluruhan, Linux masih memiliki beberapa kekurangan. Diantaranya adalah berikut:

Kekurangan Linux

1. Tidak ada vendor pendukung khusus

Karena software di Linux didistribusikan secara gratis, tentu saja tidak ada dukungan seperti layanan di windows.

2. Tampilan antarmuka grafis tidak cukup baik

Ini adalahn alasan yang paling memengaruhi popularitas desktop Linux. Namun seiring waktu, lingkungan Desktop (Gnome, KDE, XFCE) menjadi lebih berguna dan lebih baik. Saat ini, setiap distribusi Linux utama dapat digunakan sebagai komputer desktop.

Itulah sedikit pengetahuan yang dimiliki TutorialNdeso, sebenarnya masih banyak lagi keunggulan maupun kekurangannya namun saya belum tahu. Apabila kalian tahun bisa beritahu saya dikolom komentar. Terimakasih.